Alur Pemikiran Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) Indramayu

Gara-gara om Guntur ngompor-ngompori nulis, jadilah saya nulis ne (he..2). Ya disela-sela waktu menjelang Maghrib, saya jadi teringat akan diskusi di komentar Fans Page KBXC. Salah satunya ketika bang Asep Saepudin mengusulkan agar sebaiknya pengenalan dalam dunia internet itu bertahap mulai dari netter, blogger, lantas kemudian ke marketer. Menurut, sang penggemar Liverpool ini, jangan sampai ada lompatan dari blogger langsung ke marketer karena dikhewatirkan akan terjadi demotivasi jika tidak sesuai harapan. Kemudian setiap pertemuan dalam komunitas ini hendaknya jangan cuma sampai pengenalan saja melainkan lebih dalam lagi hingga yang bersifat aplikatif.

KBXCOk, terima kasih usulanya mas bos Asep. Ijinkan saya memaparkan Alur pemikiran singkat dari Komunitas Blogger X Cimanuk Indramayu. Kenapa dan seperti apa yang hendak dicapai KBXC kedepannya terhadap keberadaan internet? Berikut uraian singkatnya:

Setalah berdirinya KBXC dan hingga bulan November 2014 ini telah dilakukan pertemuan rutin sebanyak 4 kali. Diantaranya dirumah bang Gun, rumah ustad syukron sebanyak 2 kali dan dirumah mertua bang Gun lagi yang terletak di Widasari. Saya mengklasifikasikan ada dua jenis orang terhadap keberadaan internet:
  1. Mereka yang belum mengenal internet dan hanya sebatas mendengar
  2. Mereka yang sudah mengenal internet dan sudah pernah memanfaatkan (nanti ada netter pasif dan netter aktif).
Di komunitas kita, hampir semuanya sudah pernah mengenal dan memanfaatkan internet, terlebih dengan kehadiran smartphone, namun belum dimanfaatkan secara optimal terutama untuk mendukung faktor ekonomi.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagi yang sudah mengenal dunia internet dan talah memanfaatkannya, apa yang sering diakses?

Pendek kata apa yang dilakukan ketika berinternet:? Misal apakah hanya cuma main facebook, twitter, main, game, chating, nonton youtube, dll

Sebab menurut data kominfo, pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Namun 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbesar setelah USA, Brazil, dan India. Sedangkan twitter menempati peringkat 5 pengguna terbesar di dunia setelah USA, Brazil, Jepang dan Inggris (7 November 2013).

Melihat fenomena itu, jangan-jangan di sekitar masyarakat komunitas kita masuk dalam 95% tersebut. Bukankah ini sangat disayangkan? Saya jadi berpikir kenapa kehadiran internet ini tidak dimanfaatkan untuk bidang kewirausahaan atau berbisnis yang notabene masih sempitnya lapangan pekerjaan dinegara kita? Boleh saja kita memanfaatkan situs jejaring sosial, namun dengan catatan ini bisa menjadi tools pendukung yang berdampak positif.

Data terbaru sekitar bulan Mei 2014, Kominfo menginformasikan bahwa pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan hingga mencapai 82 juta orang. Dengan angka segitu, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Sekarang mari kita lihat prediksi pengguna Internet di Indonesia dari tahun 1998-2015 yang saya ambil dari APJII.

Melihat gambar diatas, tentu kita tidak mau tinggal diam. Disana sangat jelas pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya selalu merangkak naik. Apa artinya ini? PELUANG BISNIS INTERNET MARKETING terbuka lebar..

Sehingga Internet sebagai tools untuk kewirausahaan mandiri atau yang sering kita sebut dengan IM (internet marketing).

Lantas, kenapa kita berwirausaha dengan internet?
  1. Berwirausaha dengan internet minim resiko
  2. Berwirausaha dengan intenet modal kecil
  3. Berwirausaha dengan internet bisa 24 jam, segmen pasar luas, tidak terbatas ruang dan waktu.
Internet marketing banyak jenisnya, misalnya:
  • Berbagi informasi dengan menulis diblog (blogger), nanti dipasang iklan seperti Google Adsense, infolinks, kliksaya, adstract, dll
  • Menjual produk sendiri misalnya dengan membuat toko online
  • Affiliate Marketing (Menjadi Afiliasi/Reseller dari Produk Orang Lain)
  • Bisa juga dropshipping
  • Menjual jasa misal ada yang jagi desain logo dan gambar, desain website, dll
Konsep belajar di komunitas KBXC adalah sharing knowledge: berbagi pengetahuan bersama. Pengetahuan ini bisa didasarkan pada pengalaman masing-masing atau dari hasil membaca. Makanya setiap pertemuan ada dari salah satu kita yang berbagi informasi dan pengetahuan sebagai narasumber.

Pertemuan ini adalah salah satu penyemangat untuk terus kita berkembang, saling mengingatkan, dan yang tidak kalah penting adalah saling memotivasi dimana mindset untuk sukses berwirausaha tidaklah mudah, diperlukan kerja keras dan doa.

Makanya, setiap pertemuan selalu kita omongkan yang pahit-pahit dulu misalnya dalam menggeluti internet marketing ini pasti ada rasa jenuh, bosan bahkan putus asa. Pada prinsipnya semua kesuksesan itu sama, perlu proses dan tidak ada yang instan.

Semoga Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) Indramayu dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan dunia kewirausahaan terutama untuk para pemuda di Kabupaten Indramayu. Amin...

Comments

Aamiin, makasih Kang, sukses terus buat temen-temen KBXC..
Sukses dan maju terus pantang mundur, walaupun terkadang ditengah jalan kita didera gelombang kemalasan dan kejenuhan.

Sebagai penganut paham vickinisasi mari kita gelorakan gerakan blogerisasi untuk menuju kesuksesan wira usaha mandiri dalam menghadapi globalisasi.
Anonymous said…
Nur hamzah: sami2.Ayo bergerak.he..2

Gugun: betul bos, klo jenuh rehat sejenak. Jangan dipaksakan, ganti dengan aktivitas lain. Misal ngduk pasir kro semen. Lho, kok malah mengadukan,wkwkwkwk.

Moga sukses kabeh ya wa terutama kanggo wong KBXC

Hahay.... betul bang Mimin... agar badan sehat dan kuat terus lumayan ada tambahan buat ngopi...
This comment has been removed by the author.