Ide Video Sederhana di Sekitar Kita Untuk Youtube Partner Program

Sebenarnya judul diatas mencoba untuk mengaitkan chating malam ini di Facebook bareng mas Hamzah. Terus terang, saya bermain Google Adsense di Youtube (Youtube Partner Program) kurang lebih enam bulan lalu dan sampe sekarang Alhamdulillah belum pernah payout karena chanel Youtube-nya keburu terkena razia. Saya tidak tahu mengapa bisa kena razia. Yang jelas om Google memberi peringatan bahwa video saya yang berjumlah 250 itu dianggap melanggar hak cipta, padahal itu video benar- benar asli bikinan sendiri. Analisis lain mungkin karena durasi video terlalu pendek dalam hitungan detik yang disertai dengan link mengarah ke blog sehingga dianggap spam.

Youtube Partner Program
Youtube Partner Program
Bermain Google Adsense di Youtube juga sebenarnya karena keisenganku saja. 250 video yang saya upload itu awalnya hanya sebagai backlink blogku. Alhasil, ketika 250 video itu saya monetize ternyata perharinya menghasilkan dollar yang cukup lumayan. Pada waktu itu perhari bisa menghasilkan 14$.

Nah ngomong-ngomong tentang Google Adsense di Youtube, kali ini saya coba untuk berbagi tentang ide video sederhana yang ada di sekitar kita untuk di upload ke Youtube. Walaupun saya sendiri belum pernah payout dari program ini, akan tetapi beberapa ide ini bisa coba teman-teman praktekan sendiri dan menurut saya video yang bersifat original akan lebih aman dari razia si mbah Google. Oke, apa saja ide video tersebut? berikut uraianya:

Rekam Tempat Kuliner
Coba bermodalkan hp lalu rekam tempat-tempat kuliner misal di Jatibarang. Biasanya setelah Maghrib banyak orang jualan sekaligus orang yang mencari makan. Teman-teman bisa merekam orang yang jualan martabak, nasi goreng, sate, soto dll. Lantas video tersebut dikasih percakapan suara dari si perekam agar seolah-olah sedang memberikan berita tempat rekomendasi kuliner di suatu daerah yang memiliki ciri khas.

Rekam Kue Tradisional
Kalau teman-teman suka bangun pagi coba kunjungi pasar Jatibarang. Disana banyak pedagang kue tradisional. Menurut saya, pedagang kue tradisional ini bisa dijadikan objek video. Bila perlu belilah walau hanya satu biji, lantas ciciplah kemudian kasih komentar sendiri. Bayangkan anda sedang dalam acara kuliner layaknya pak Bondan si manusia Maknyusssss.Ha...ha..

Rekam Anak-Anak Bermain
Coba bayangkan anda sedang syuting si Bolang. Merekam anak-anak yang sedang bermain bisa menjadi objek yang menarik, terutama permainan tradisional. Awas bukan merekam anak-anak yang sedang main playstation lho. Beberapa permainan yang bisa di rekam misal main bola, main engklekan, main layang-layang, main congklakan, dan semua mainan tradisonal lainya. Seperti biasa berilah percakapan dan komentar si perekam layaknya kita sedang syuting acara petualangan.

Nah, sementara ide videonya tiga itu dulu yah! Nanti dilanjutkan kembali. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi.

Comments

Guntur Sapta said…
Ide lain selain diatas, sobat bisa bikin vidio cover lagu. Apa itu? Yaitu kita menyanyikan lagu orang lain dgn versi kita. Atau bisa juga nyewa teman kita yg cantik kemudian bernyanyi lagu orang lain, murni dgn suara sendiri dan diiringi dgn musik akustik gitar.
myprecious.com said…
Bro,upload foto jajanan tradisional nya dong. Saya pengen bgt nih makan ketan khas jatibarang yg ada kayak bumbu kedelainya kalo ga salah. Itu dipasar pagi doang ya jualan kue nya?