Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) Indramayu

Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) Indramayu telah terbentuk. Tepatnya pada tanggal 29 Desember 2013. Ide ini sebenarnya sudah lama ada dan pada akhirnya bisa di deklarasikan di akhir tahun 2013 ini. Berawal dari pertemuan di rumah saya yang sudah lama dijadikan sebagai tempat berdiskusi bersama teman-teman sehingga mengerucut pada sebuah keinginan untuk membentuk sebuah komunitas yang dapat mewadahi dari hobi ngeblog positif diantaranya bertujuan untuk mencari penghasilan dari internet.
Kumpul Blogger di Rumah Murad, Saat Belum Deklarasi Komunitas Blogger X Cimanuk
Kumpul Blogger di Rumah Murad, Saat Belum Deklarasi Komunitas Blogger X Cimanuk

Komunitas ini lahir dengan banyak tujuan seperti komunitas-komunitas lainya. Namun, mencari penghasilan di dunia internet tentu saja menjadi agenda utama dalam komunitas ini mengingat kondisi lapangan kerja di negara kita begitu sulit untuk didapatkan. Dengan cita-cita besar dimulai dari yang terkecil yakni membangun perekonomian desa melalui pemuda dan pemudi di kampung Indramayu agar mulai tertarik memanfaatkan dunia internet sebagai kegiatan positif yakni menyebarkan informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui aktivitas ngeblog sekaligus belajar bersama dalam mendapatkan penghasilan online.

Deklarasi Pembentukan Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) Indramayu  di Rumah Guntur Sapta Perkasa
Deklarasi Pembentukan Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) Indramayu
di Rumah Guntur Sapta Perkasa
Mengapa Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) 
Awalnya ketika berkumpul bersama, pencarian nama untuk komunitas ini menuai kendala. Hingga acara selesaipun, nama untuk komunitas ini tidak didapatkan. Besoknya foto berkumpulnya bersama teman-teman di unggah di Facebook. Beberapa komentarpun mulai bermunculan hingga saya secara spontan menyebut Komunitas Blogger Kali Cimanuk (KBKC). Tidak ketinggalan dari salah satu temanku yang ikut hadir saat itu pun berkomentar, bahwa ustad Syukron menyarankan agar nama itu perlu dipikirkan dan dipertimbangkan. Mengapa tiba-tiba saya menyebut nama itu? karena mengingatkan pada rumah bang Gun yang jadikan markas besar sebagai tempat berkumpul untuk belajar ngeblog. Lokasi rumah tersebut berdekatan dengan sungai Cimanuk. Dalam bahasa Jawa Indramayu Sungai adalah "kali". Sedangkan Cimanuk sendiri adalah nama sungai besar yang terletak di daerah Indramayu. Sebenarnya dalam Wikipedia ejaan Cimanuk itu terpisah yaitu "Ci Manuk" artinya Sungai Burung (manuk dalam bahasa jawa Indramayu memiliki arti burung). Namun dengan tujuan untuk mempermudah maka dalam komunitas ini Ci Manuk disambung menjadi Cimanuk.

Teman-teman Komunitas Blogger X Cimanuk Sedang Berdiskusi
Teman-teman Komunitas Blogger X Cimanuk Sedang Berdiskusi
Belakangan oleh bang Guntur Sapta Perkasa,  penulisan Komunitas Blogger Kali Cimanuk (KBKC) di rubah menjadi Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC). Kata "Kali" di tulis menjadi X (tanda operasi perkalian dalam matematika) sehingga singkatan KBKC menjadi KBXC. Sekilas ini memang terlihat unik. Oleh karenanya mengapa tidak mengambil nama untuk komunitas blogger dikampung Indramayu ini dengan sebutan "Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC)"? Terima kasih untuk bang Gun.

Hamzah dan Ustad Syukron, Asyik Berdiskusi Bersama Teman-teman Lain
Hamzah dan Ustad Syukron, Asyik Berdiskusi Bersama Teman-teman Lain
Arti Filosofis Komunitas Blogger X Cimanuk 
Baiklah nama dan ejaan yang sudah diapatkan itu seharusnya mempunyai arti filosofis tersendiri. Berikut uraian singkatnya. Pertama, sebuah "X" itu akan menghasilkan yang berlipat ganda. Semoga dengan pemanfaatan tanda "X" itu dapat memberikan hasil (rezeki) yang berlipat ganda dari setiap usaha yang dilakukan oleh komunitas ini. Usaha yang dilakukan tentu bermacam-macam. Utamanya bagaimana usaha untuk merubah dari biasa hingga menjadi luar biasa. Usaha merubah dari yang kecil hingga menjadi besar.

Kedua, Cimanuk (Sungai Burung) adalah sungai yang berada di bagian timur Provinsi Jawa Barat. Ci Manuk berhulu di kaki Gunung Papandayan di Kabupaten Garut pada ketinggian + 1200 di atas permukaan laut (dpl), mengalir ke arah timur laut sepanjang 180 km dan bermuara di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu. Ci Manuk pada bagian hilir cukup lebar sehingga dapat dilayari oleh kapal relatif besar. Pada abad ke-16, muara Ci Manuk adalah pelabuhan yang ramai dan menjadi salah satu pelabuhan milik Kerajaan Sunda (wikipedia). Sungai cimanuk adalah salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat Indramayu. Utamanya adalah untuk memasok irigasi sawah di Indramayu dimana padi sebagai penghasil utamanya.

Harapan Adanya Komunitas Blogger X Cimanuk 
Harapannya semoga komunitas ini layaknya seperti sungai "Cimanuk" yang bisa menjadi sumber kehidupan bagi anggota komunitas yang ada di dalamnya. Sumber kehidupan disini adalah bagaimana dengan aktivitas ngeblog kita dapat merubah segalanya. Dari aktivitas ngeblog ini kita dapat belajar dan berbagi bersama untuk menggapai cita-cita. Pendek kata, sumber kehidupan yang utama pada hakekatnya adalah seperti air mengalir dalam sungai cimanuk itu. Muaranya adalah satu yaitu menuju LAUT yang menyediakan sumber kehidupan lebih besar lagi dari pada sungai. Begitu juga dengan komunitas ini, muaranya adalah satu, yaitu: SUKSES yang dapat memberikan manfaat besar untuk lingkungan sekitarnya baik keluarga sendiri maupun masyarakatnya. Selain itu semoga komunitas ini juga bisa terbang tinggi bebas layaknya "MANUK" terutama bagi para anggotanya. Begitulah kira-kira....

Di rumah Guntur pinggir X Cimanuk Ujung Aris - Indramayu, 29 Desember 2013.  

Comments

Anonymous said…
Bokat pada duwe ilmu perblogeran bisa bagi-bagi neng kene atawa info-info penting sejene. Monggo
Guntur Sapta said…
Siap wa, Insya Allah walaupun sedikit juga akan dishare. Because "SHARING IS SEXY" hehehe....