Menjelang Idul Adha Gotong Royong Memperbaiki Fasilitas Umum MCK

Assalamualaikum wr. wb., Selamat wayah mene batur lan sedulur temen2 Komunitas Blogger Kali Cimanuk (KBXC) dimanapun anda berada. Alhamdulillah kegiatan hari ini Sabtu tanggal 4 Oktober 2014 menjelang besoknya Hari Raya Idul Adha saya bersama masyarakat desa Ujungaris khususnya Rt. 02 Rw. 01 melaksanakan kegiatan gotong royong memperbaiki sarana umum yaitu perbaikan MCK atau dalam istilah masyarakat kami dikenal dengan nama "Jamban".

Kegiatan perbaikan MCK (Jamban) ini di danai dari hasil swadaya masyarakat sekitar yaitu warga Rt. 01 Rw. 02 dan sekitarnya. Alhamdulillah walaupun seadanya dana yang dihasilkan lumayan terkumpul banyak buat  membangun sarana pemandian umum di Sungai Cipelang.

Sekedar informasi saja ya teman-teman, ditempat kami khususnya Desa Ujungaris Blok satu mempunyai dua buah saluran irigasi atau sering disebut kali yaitu Kali Cimanuk dan Kali Cipelang. Kali Cimanuk berada di sebelah timur Desa Ujungaris, sedangkan Kali Cipelang berada di sebelah barat. Jadi tempat tinggal saya diapit diantara dua sungai.


Alhamdulillah sebenarnya masyarakat Desa Ujungaris tidak kekurangan sumber air. Seperti saat ini menjelang musim kemarau tiba, biasanya aliran air bersih dari PDAM Indramayu agak kurang lancar. Ketika musim kemarau tiba air dari PDAM akan terasa sulit untuk mengaliri ke rumah-rumah, entah apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Mungkin saja karena debit air di sungai Cimanuk berkurang sedangkan kebutuhan air rumah tangga begitu banyaknya di musim kemarau ini.
Tetapi kami warga Desa Ujungaris khususnya blok satu tidak perlu cemas memikirkan air yang sulit terdistribusi oleh PDAM. Ada alternatif lain yaitu air dari sungai Cimanuk. Memang untuk tingkat kebersihan dan higienis saya rasa masih kurang layak untuk dikonsumsi. Masyarakat kami sudah terbiasa mengkonsumsi air dari sungai Cimanuk ini dan hampir sudah beberapa ratus tahun yang lalu memang tidak ada gejala yang serius dari efek samping mengkonsumsi air dari sungai Cimanuk ini.

Alhamdulillah, terimakasih Ya Allah atas anugerah dua sungai yang selalu mengaliri desa kami. Semoga kedepannya pengelolaan air bersih di tempat kami bisa maju. Oh ya, buat temen-temen yang suka berenang silahkan main ke tempat kami dan berenang sepuasnya melawan arus sungai Cimanuk maupun sungai Cipelang. Terimakasih salam hangat dari Saya Guntur Sapta Perkasa viva blogger Indramayu.

Comments