Sumber Ilmu Yang Terlupakan

Assalmualaikum sahabat blogger semua,punteen pisan abdi baru nulis lagi di komunitas ini yah harap maklum banyak kerjaan ofline yang harus diselesaikan so malam ini ane punya cerita menarik tentang sumber ilmu yang terlupakan

Mungkin sahabat semua sudah mengerti apa maksud ane,yah yang belum mengerti tanya tanya deh sama temen temen

Kemarin ada seorang teman lama saya dengan tidak sengaja dia main kerumah,ketika ane sedang santai,hanya memakai kain sarung lusuh dengan peci butut keramat dan kaos oblong bertuliskan "Sega kuninge bijenab" ,sambil mengorek ngorek pasir luruh kecut kecut...

"Assalamualaikum" ane terkejut oh ternyata dia teman lama ane,ngobrol ngobrol ngalor ngidul ngiwe tengen laka pojoke tibalah pada pembicaraan inti...yuppp

"umur saya sudah 30 an,keadaan saya masih begini aja,tidak semakin membaik dan malahan yah susah untuk diucapkan"

Kata -kata itu yang akhirnya membuat inspirasi untuk menulis diblog ini,dulu ane pernah dapat wejangan dari seorang kyai yang ane segani begini kawan mudah mudahan bisa kita lakukan bersama
"dalam hidup ini kita harus berpegang pada tiga prinsip dasar"

1.Sabar
2.ikhlas
3. khusnudzon

mari kita bahas satu persatu

  • Sabar

Sabar itu ada tiga macam,yang pertama adalah

  1. sabar dalam melakukan ibadah,
  2. sabar dalam menjauhi maksiat,
  3. sabar dalam menghadapi musibah,

  • Ikhlas

Ikhlas secara bahasa adalah bersih,secara istilah ikhlas adalah menerima segala pandume gusti allah swt,kalau kita membahas tentang ikhlas maka kita juga akan berhubungan dengan yang namanya sifat qonaah,sifat sabar,dan sifat sifat batiniah yang lainnya contoh ikhlas dalam rezeki yang kita peroleh,ikhlas dalam menjalankan segala perintah allah swt,dan masih banyak lagi contoh yang tidak mungin ane tuliskan satu persatu...

  • Khusnudzon

Berbaik sangka,positif thinking,baik dengan manusia ataupun dengan yang lainnya terutama dngan sang pencipta,Ketika kita mendapat cobaan,bencana,pasangan yang bukan pilihan hati,kita seolah menganggap bahwa tuhan tidak sayang kepada kita,allah tidak adil kepada kita,itu yang harus kita hindari
berbaik sangkalah terhadap allah,mungkin ini adalah yang terbaik bagi kita
Baik menurut kita tidak mesti baik menurut allah swt

sekian dulu deh tulisan ane semoga bermanfaat,coment juga boleh,bagi yang mau aja...he he he  wassalam 


salam senyum

syukron nuryadi


Comments

Anonymous said…
Luar biasa ustad. mari kawan-kawan KBXC, 3 sifat yg barusan ustad tulis, kita blajar untuk mengimplementasikannya dlm relung kehidupan termasuk dlm dunia internet marketing

Sbagai contoh: yuk budayakan sifat sabar kita ketika ngeblog. Jgn terburu2 pingin dpt hasil. terus berusaha, tekuni, konsisten, doa.

Ikhlas: jalani kegiatan ngeblog dng penuh keikhlsan karena nilainya ibadah: berbagi ilmu, mencari uang utk anak istri, org, dll. Hasilnya tentu kita harus ridho dan qonaah. Itulah yg diberikan Allah.

Khusnudzon: apa yg diberikan Allah,SWT tetaplah berbaik sangka.

Makasih ustad atas pencerahannya. Semoga kita semua dpt diberikan kemudahan utk mnjalani 3 sifat yg barusan dibahas pak ustad.

Ngomong2 logo sega kuniing bejenab keren.wkwk.