Ini Cara Saya, Jangan Ikuti

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini, pada kali ini saya cuma ingin berbagi, sebenarnya bukan berbagi sih tapi cuma iseng ingin bikin tulisan biar penuh blognya...udah lama gada yang update tulisan di blog ini, ayo dong temen2 yang lain pada nulis di blog ini, biar rame.

Ini adalah tulisan kedua saya di blog KBXC ini, tulisan pertama bisa lihat disini...

Mungkin rekan - rekan mastah ( baca : blogger senior ) sudah mengetahui tips ini, bagi yang sudah tahu jangan lanjutkan baca ya...bagi yang belum tahu lanjutkan bacanya. Berikut ini adalah 4 cara saya dalam menjalankan bisnis online, saya akan coba meringkasnya biar mudah dipahami
bagi para pemula

1. Cari 1 ( satu ) bisnis yang cocok.
2. Pelajari Secara Mendalam.
3. Tentukan Target.
4. Selanjutnya Terserah Anda.

Di dunia maya, sangat banyak cara menghasilkan uang baik itu rupiah maupun uang asing. Tiap hari jumlahnya makin banyak dan bermacam variasinya. Mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan cara untuk menghasilkan uang dari internet baik dalam maupun luar negeri. Mungkin bagi yang baru terjun di dunia internet akan susah memilih mana yang bisa menghasilkan. Secara umum ada beberapa sumber penghasilan di internet, diantaranya adalah PPC ( Pay Per Click ), PTC ( Paid To Click ), PPS ( Pay Per Sales ), PPL ( Pay Per Lead ), CPA ( Cost Per Action ), Toko Online dll.. Apa itu PPC, PTC, PPS, PPL, CPA ??? yang belum tahu coba googling ya biar tahu sistem dan modelnya, kalau dijelaskan disini bisa bikin puyeng..hehe

Dari banyak sumber penghasilan di dunia maya, PILIH 1 ( SATU ) SAJA yang cocok dengan ilmu, pengetahuan, waktu. tenaga & kemampuan yang kita miliki. Kenapa cuma satu, bukankah di internet banyak sumber penghasilan ? bukankah semakin banyak terjun di banyak bisnis, kemungkinan penghasilannya makin besar ??? kalem gaes, LIHAT JUDULNYA...hehe ini adalah cara saya, jadi sekali lagi jangan ikuti yaa...

Saya coba ambil contoh di dunia nyata, profesi dokter adalah satu profesi yang mulia, para dokter adalah orang yang mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata - rata. Kalau kita perhatikan banyak dokter spesialis yang hanya  menekuni satu bidang ( lain cerita kalau dokter umum yaa). Contoh dokter mata, mereka hanya fokus pada satu alat oragan manusia, padahal kalau mau para dokter mata pasti dengan mudah akan mempelajari tentang THT, Gigi dan yang lainnya...akan tetapi pertanyaanya KENAPA MEREKA CUMA FOKUS DI SATU BIDANG ??? Jawaban secara umum dan awamnya adalah, karena mereka sudah bisa menghasilkan dari satu bidang yang mereka tekuni, jadi mereka tidak perlu melirik untuk memperdalam bidang lainnya...hehe ini adalah jawaban versi orang awan kaya saya ya, kalau mau jawaban tepat kenapa dokter mata ga buka praktek THT coba tanya dokter mata terdekat ya...hehe

Balik lagi di dunia internet, silahkan browsing cari mana sumber penghasilan mana yang cocok dengan anda,  jangan jadi kutu loncat, ada orang maenan adsense ikutan, ada orang pamer SS transferan jadi ngiler, ada orang yang dapat dollar dari CPA pengen belajar juga...keep focus gaes...CARI MANA YANG COCOK DENGAN ANDA, andalah yang paling tahu mana yang cocok dengan anda.

Mungkin ada yang bertanya, kalau saya sendiri terjun di mana ??? kalau saya sih cuma dagangan ANU aja, mungkin temen2 sudah pada tahu saya jualan apa, yang belum tahu dan mau tahu saya jualan apa, silahkan inbox di fesbuk saya ( paling2 juga ntar saya prospek supaya jadi downline saya...wkwkwk ) kebetulan ada juga anggota KBXC yang saya ga mau sebut namanya, tapi inisialnya adalah Guntur Sapta Perkasa pemilik blog rianika.com juga jualan sama kaya saya. Ajiiiib neh orang tiap hari dapat transferan terus, yang beli dari indonesia bahkan dari luar negeri, katanya juga penghasilan dari dagang online lebih besar dari penghasilan adsense...ayo todong beliau supaya turunkan ilmunya kepada kita - kita, biar kebagian sukses juga. saya pilih sumber penghasilan tersebut karena menurut saya bisnis tersebut yang cocok dengan kondisi saya pada saat ini.

Setelah anda menemukan satu sumber penghasilan di internet, step selanjutnya adalah pelajari secara lebih mendalam. Saya sendiri karena jualan online, maka yang saya lakukan adalah mempelajari berbagai macam metode jualan lewat online mulai dari belajar SEO, Facebook Marketing, bahkan jadi Advertiser. Akan tetapi, setelah mencoba banyak metode ko puyeng juga ya...hehe...Itulah salah satu keserakahan dan kelemahan manusia, INGIN MELAKUKAN BANYAK HAL TAPI ILMU, WAKTU, TENAGA DAN BIAYA YANG DIMILIKI TIDAK MEMADAI...Akhirnya saya memutuskan memilih 1 metode yang cocok untuk saya ( kembali ke point satu lagi ya...hehe )...ya dari banyak metode jualan saya memilih Facebook Marketing, mungkin ada yang bertanya kenapa memilih Facebook Marketing ??? Jawabannya adalah karena pengguna facebook sangat banyak...Facebook adalah pasar yang sangat luas, di facebook kita bisa memilih target calon pembeli kita mulai dari jenis kelamin, umur, pendidikan, pendapatan, geografis, minat & bakat...

Bagi temen - temen yang memilih sumber penghasilan adsense maka pelajari cara membuat tulisan yang unik dan bagus, jangan kaya saya ya..bisanya maenan fesbuk aja, jadi pas buat artikel jadi asal - asalan...hehe.. riset & SEO merupakan hal yang wajib di kuasai bagi para publisher adsense, walaupun tidak bisa juara 1 di dalam gugel dalam kata kunci yang di bidik, yaa juara 2 juga udah hebat...waah mantap nih kalau ada yang bisa juara 2 di gugel ( angkat aku jadi muridmu suhu )...Intinya adalah jangan lelah untuk mempelajari dan memperdalam ilmu yang sudah temen - temen rintis dalam bisnis online

Target adalah sesuatu yang harus dimiliki untuk para pelaku bisnis online, mengapa saya katakan harus ??? karena dengan adanya target, maka kita bisa menganalisa apakah metode yang kita lakukan berhasil atau tidak ??? dalam satu bulan pertama saya menargetkan harus bisa menjual 1 produk per hari, promosi pun saya gencar lakukan dan ALHAMDULILLAH target saya sedikit meleset...sedih deh :'( tapi dari hasil tersebut saya bisa menganalisa bahwa metode yang saya lakukan kurang efektif, maka saya harus berinovasi agar hasil yang saya targetkan bisa sesuai dengan harapan...saya mulai belajar lagi, baca tutorial, download video di yutub dll. Mulailah dari target yang kecil yang realistis, bagi yang jualan mulailah dari 1 produk / hari, kemudian kalau target tersebut sudah terlampaui maka tambah target lagi, misalnya 2 produk / hari dan seterusnya...

Begitu juga bagi teman - teman yang berburu dolar, maka pasanglah target yang realistis misalnya tiap bulan USD $100, jika gagal dapat USD $100 maka lakukan analisa, mengapa tidak mencapai target, apakah kurang banyak postingan, kurang jam terbang, kurang sedekah atau kurang berdo'a pada Yang Maha Kuasa...hehe

Selanjutnya terserah anda, maksud pembahasan ini adalah jika teman - teman sudah memilih sumber penghasilan dan fokus di situ kemudian sudah mencapai target yang di tentukan, maka pilihannya ada 2 yaitu MEMPERBESAR TARGET atau CARI SUMBER PENGHASILAN LAIN...kalau saya pribadi lebih memilih opsi yang pertama, yaitu MEMPERBESAR TARGET, kenapa ??? karena kalau kita sudah tahu cara menghasilkan di internet, maka akan lebih mudah lagi untuk memperbesarnya. Dibandingkan kita cari sumber penghasilan lainnya, kita harus belajar dari nol lagi dan belum tentu menghasilkan...ini pendapat saya loooohhh. Contoh di dunia nyata banyak penjual bakso yang punya satu toko, begitu tokonya rame maka beliau akan membuka cabang lagi di tempat lainnya untuk memperbesar penghasilan. Sangat jarang sekali penjual bakso, begitu sukses banting setir buka bengkel atau usaha mebel...saya katakan JARANG ya, bukan TIDAK ADA...

Saya sendiri untuk memperbesar pasar jualan, maka saya juga mencoba bermain di blog. Alhamdulillah saya di bantu oleh rekan Erik Welenk yang juga anggota KBXC untuk masalah artikel, suwun pisan kang artikelnya top markotop, jadi tambah banyak visitornya...hehe...untuk urusan backlink, saya serahkan ke salah satu mastah SEO ( menurut saya ), beliau punya blog tutorial tentang SEO, buka kursus SEO & jasa backlink juga. nama blognya trikmudahseo.blogspot.com...blognya keren, bagi yang ingin belajar SEO saya rekomendasikan disini, kalau rajin baca sih, belajar tutorial di blognya aja sudah cukup, tapi bagi yang ingin belajar lebih serius tentang SEO bisa kursus online oleh beliau, saya sendiri pernah ikut kursus disini, materinya mudah dipahami oleh pemula, dikemas dengan bahasa yang mudah dan di ajarkan step by step, tiap hari di kasih tugas, jadi tiap hari teori dan praktek, setahu saya pesertanya dibatasi tiap bulannya ( waduh jadi promosi neh, padahal anggota KBXC udah pada master SEO juga, ini sih bagi yang belum tahu ajah )...

Ini adalah langkah saya dalam memulai dan menjalankan bisnis online, mungkin banyak teman - teman yang tidak setuju dengan apa yang saya lakukan...No problem, tiap orang punya isi kepala yang berbeda - beda, pikirannya pun berbeda - beda...jare wong dermayu sih, mangan pada sega tapi otake beda jeh...sekian saja yang bisa saya tuliskan pada kesempatan kali ini...mohon masukan dan kritik dari para mastah semuanya...





Comments