Dokumentasi Pertemuan Blogger KBXC Indramayu di Ujungaris, 29 November 2015

Dokumentasi Pertemuan Blogger KBXC Indramayu di Ujungaris, 29 November 2015 - Alhamdulillah... pertemuan dalam rangka silaturahmi sesama penggiat blogger khususnya lokal Indramayu yang diadakan di rumah saya berjalan cukup lancar. Walaupun yang datang tidak banyak, namun antusias dan semangat temen-temen blogger sangat luar biasa.

Pembahasan tema dalam pertemuan kali ini memang belum terkonsep dengan baik, namun masih ditekankan untuk motivasi ngeblog dulu. Karena, kalau untuk urusan teknis sih saya yakin di google juga sangat banyak. Nah kalau untuk motivasi pasti jarang banget, untuk itulah untuk narasumber dalam Motivasi Ngeblog yaitu Kang Murad Maulana Vespa.

Penulis Buku "Motivasi GoBlog" ini menceritakan dengan sangat detil bagaimana kiat-kiat atau antisipasi agar kita terus bergairah dan semangat untuk bagaimana tetap menulis. Bagimana menulis konten yang bermanfaat tidak hanya untuk mencari duit, tapi juga bagaimana menulis yang bermanfaat untuk kita semua.

Sedangkan saya sendiri (Guntur) juga ikut menyumbang ide untuk marketing facebook. Yaitu bagaimana kita memberdayakan produk lokal Indramayu agar banyak yang beli dan dikenal khususnya masyarakat kabupaten Indramayu. Contoh dalam pembahasan untuk mengangkat produk lokal adalah oleh-oleh kaos Indramayu. Dalam hal ini kebetulan ada Kang Erwin yang punya blog tjappelem.com dibahas bagaimana gambaran secara umum bagaimana mencari target konsumen facebook melalui tools sederhana yaitu the graph dan efbi jumper.
kbxc1

kbxc2

Kang guntur dan kawan kbxc
Guntur menjelaskan FB Marketing

Murad Maulana, Penulis Buku Motivasi GoBlog


Dari bincang-bincang tersebut akhirnya terkuaklah potensi kearifan lokal Indramayu yang bisa kita berdayakan. Beberapa contohnya adalah ada hubungannya dengan pariwisata seperti wisata karang song dan wisata pulau biawak, dan kita dari sisi bisnis ingin menangkap peluang tersebut juga ingin berinovasi untuk membuat kaos oleh-oleh lokal Indramayu yang mempunyai gambar tentang seni dan budaya Indramayu.

Saat itu, yang jadi contoh adalah kaos gambar berokan dari distro tjappelem. Berokan merupakan legenda mitos dan seni yang dulunya ada di masyarakat kita dan sekarang mulai punah. nah untuk itulah kita generasi penerus juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat yang menjadi pengunjung di tempat wisata karangsong atau pulau biawak membeli oleh-oleh kaos karakter budaya kearifan lokal Indramayu.

Foto by. http://www.tjappelem.com/2015/06/kaos-tjap-pelem-code-a01tp.html

Semoga saja kedepannya komunitas bloggger x cimanuk ini bisa membawa manfaat untuk anggotanya, terlebih masyarakat sekitar dan bisa membawa nama baik untuk Indramayu. Next pertemuan rencananya akan dikonsep dengan materi yang sudah disiapkan, sehingga ketika teman-teman berkumpul akan ada pembahasan mulai dari yang masih nubie hingga yang sudah mulai menguasai blog. Sahabat blogger,... sementara itu saja yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Barangkali ada yang mau menambahkan, silahkan komentar saja di widget komentar dibawah ini. Terimakasih. Dokumentasi Pertemuan Blogger KBXC Indramayu di Ujungaris, 29 November 2015

Comments

Anonymous said…
Alhamdulillah berjalan lancar kendati memang kita akui semuanya dilakukan secara spontan. Namun demikian, sebenarnya untuk pertemuan kali ini saya kira cukup berutan mengalir seperti air seperti mulai dari perkenalan, FB Marketing, diskusi, motivasi2, hingga sedikit pembahasan mengenai potensi produk lokal.

Tapi, ada benarnya juga kedepan harus ada pertemuan yang terkonsep dengan perencanaan yang matang. Misal ada pembagian sesi dan diskusi. Karena tidak semuanya yang datang itu akan tahu mengenai dunia internet marketing. Setidaknya sesi pengenalan dunia internet marketing harus selalu ada disetiap pertemuan yang dikhususkan untuk para pemula. Sesi 1 ini bisa dibawakan secara bergilir oleh kawan2 KBXC disetiap pertemuan.

Untuk sesi 2 bisa disesuaian dengan kebutuhan atau yang sedang menjadi trend dan bisa dikatakan bersifat advanced. Kemudian tentu saja pada sesi terkahir ada diskusi menyangkut permasalahan, solusi, sumbang saran, ide, dan lain sebagainya.

Setidaknya ini sebuah perjalanan KBXC untuk menuju proses yang lebih baik lagi. Semoga KBXC terus bisa bermanfaat bagi kita semuanya. Amin...

Makasih mas Gun atas dokumentasinya...

Salam Wirausaha Mandiri