Cara Custom Domain Blogspot Dengan Domain Gratisan Ala Nyubi

Asssalamualaikum agan blogger semua seantero jagat, dunia maya , dunia gaib hingga dunia akhirat. Sesuai janji saya sebelumnya di grup facebook Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC) yang mengupdate status tentang tawaran saya mengenai kalau saya share informassi tentang cara ganti domain blogspot. Nah untuk merealisasikan janji saya tadi, update postingan saya di blog komunitas tercinta ini yaitu tentang "Cara Custom Domain Blogspot Dengan Domain Gratisan".

Custom domain blogspot gratisan ini saya memakai jasa hosting dan domain dari freenom.com, yang udah tau maap ye ane siaran ulang. Artikel ini khusus bagi yang belum tau aja. Agan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengubah domain blogspot anda menjadi domain TLD (Top Level Domai). Dengan blogger anda diganti nama menjadi domain yang baru, hal ini tentunya akan menambah gengsi blog agan semua. Nah tutorial ini saya dedikasikan untuk teman-teman Komunitas Blogger X Cimanuk dan anda khususnya yang telah sudi membaca info singkat berikut ini.

Cara Custom Domain Blospot di freenom


Biasanya kalau saya mengganti nama domain blogspot ini di Qwords.com tapi itu untuk yang berbayar dengan semua ekstensi. Nah untuk yang gratisan ini saya gunakan dari freenom.com dan tentunya dengan ekstensi domain yang terbatas seperti .tk, .ga, .ml, .cf, dan .gq . Langsung aja ya kita melangkah ke step by step berikut ini :
1. Siapkan Email dan blogspot agan, tentunya dalam keadaan sudah login
2. Kunjungi http://www.freenom.com/en/index.html?lang=en
3. Isikan nama domain yang akan agan daftarkan, setelah itu klik Check Availability

4. Dalam contoh ini saya pilih dengan ekstensi .ga maka jadilah domainnyan yaitu propertyforsale.ga kemudian kita klik Get it now!

5. Setelah itu  klik Checkout

6. Ganti pilihan Period ke angka 12 Month, karena defaultnya adalah 3 Month. Setelah itu klik Continue

7. Sekarang udah di halaman review & Checkout. Isikan email yang sudah kita siapkan tadi, kemudian klik Verify My Email Address

8. Buka email anda dan cari inbox dari Freenom Email Verification. Setelah itu klik link konfirmasinya dan akan diarahkan ke halaman Review & Checkout Freenom

9. Isikan Data secara lengkap, kemudian jangan lupa centang I Have read nya dan klik tombol Complete Order.

10. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman Order Confirmation, kemudian klik "Click here to go to your Client Area".

11. Jangan kaget ketika setelah menyelesaikan hal ini anda akan diminta login kembali. Silahkan anda login dengan email yang anda daftarkan tadi dan dengan password yang anda daftarkan pada freenom tadi ketika mengisi form biodata anda.

12. Setelah masuk, klik menu Domain yang saya lingkari itu. Dan pilih My Domains. Maka akan terlihatlah domain gratis yang kita daftarkan tadi.

13. Pada halaman Managing, silahkan agan klik pilihan menu "Manage Freenom DNS"

14. Nah, sekarang udah di bagian DNS Managemen. Kita akan menambahkan Recordnya. Sebelum mengisinya kita klik terlebih dahulu +More Recordsnya Sebanyak 6 kali tapi jangan di save changes dulu.

15. Kita buka blogspot kita, dan buka menu Setelan >> Dasar. Dan kita klik "Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda".

16. Pada kolom isian http:// kita isikan dengan domain gratisan yang kita daftarkan tadi. Kemudian klik Simpan.

17. Kita kembali lagi untuk melakukan setting CNAME DNS di freenom. Kita Copy pada bagian www dan pada bagian ghs.google.com seperti pada gambar dibawah ini dan kita paste pada setting cname DNS Freenomnya. Dan jangan lupa juga sekalian untuk kode dibawahnya kita copy juga.

18. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar dibawah ini. Untuk Typenya kita ubah dari A menjadi CNAME.


19. Nah kemudian kita isikan juga kolom lainnya yang belum terisi dengan nomor ip berikut ini :
 216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Untuk Type nya kita biarkan saja seperti defaultnya yaitu Type A. Contohnya bisa lihat gambar dibawah ini.

cara custom domain blospot di freenom



19. Klik Save Changes setelah kita lakukan setting CNAME diatas. Kita kembali lagi ke blogspotnya dan Klik Simpan.

20. Kalau settingan kita sudah berhasil, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Kita tunggu proses propagasi perpindahan dari domain blogspot ke domain gratisan kita ini. Biasanya dalam kurun waktu 3 jam, proses propagasi ini akan selesai dan domain blogspot anda langsung berubah.



Selesai Cara Custom Domain Blogspot Dengan Domain Gratisan Ala Nyubi . Oke gan, itu saja yang bisa ane sampaikan informasi custom domain blogspot kali ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Untuk postingan artikel yang saya tulis sebelumnya di blog komunitas ini yaitu Kaos Komunitas Blogger dan Buku Motivasi Go Blog . Oya.. jangan lupa LIKE artikel ini, gak susah kok. Agan cuma butuh waktu 2 detik saja untuk klik SUKA.

Comments

Roni Rz said…
Mantap gan. Terima kasih gan.
Anonymous said…
oke gan makasih