Gelar Kesenian Rakyat Ke 8 Oleh Sanggar Seni Kerikil Di Desa Jatisura Kab. Indramayu

Assalamualaikum rekan rekan semuanya, pada kesempatan ini saya Kang Guntur ingin berbagi informasi seputar kesenian. Informasi ini merupakan request atau permintaan dari rekan rekan KAPMI (Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu) D. I. Yogyakarta . Nah sanggar seni Kerikil ini akan menyelenggarakan kesenian rakyat yang lokasinya di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. Berikut ini saya informasikan tulisan dari KAPMI yang sudah masuk ke meja redaksi Komunitas Blogger X Cimanuk Indramayu.

Silahkan di simak ya, dan jangan lupa buat berbagi konten ini ke temen temen pecinta kesenian lainnya.

Gelar Kesenian Rakyat Tahun 2018 di Desa Jatisura Kec. Cikedung Kab Indramayu

Gelar Kesenian Rakyat Tahun 2018 di Desa Jatisura Kec. Cikedung Kab Indramayu



Gelar Kesenian Rakyat Ke 8 Oleh Sanggar Seni Kerikil 


Yogyakarta (29/7) Sanggar Seni Kerikil Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu (KAPMI) D. I. Yogyakarta kembali mengadakan Gelar Kesenian Rakyat (GKR) ke-8 sebagai program kerja kepengurusan 2017/2018. GKR akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2018 di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Dengan mengusung tema “Adi Warna Budaya ning Tanah Darma Ayu” dan merepresentasikan bahwa Indramayu memliki kebudayan lokal yang beraneka ragam.

GKR ditunjukan sebagai media perjuangan dalam mempertahankan dan melestarikan kesenian lokal yang ada di Indramayu. Acara GKR pada tahun ini membawakan beberapa kesinian daerah diantaranya adalah sintren, berokan, tari topeng, sampyong dan tarling yang dibawakan oleh Sanggar Seni Kerikil – KAPMI. Selain penampilan dari KAPMI, juga menampilkan kesenian daerah lainnya seperti kesenian lokal yang ada di Desa Jatisura yaitu genjring akrobat. Sebagai warisan budaya yang harus diketahui oleh anak cucu khususnya warga desa jatisura.

Gelar Kesenian Rakyat Ke 8 Tahun 2018 Oleh Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu (KAPMI)


GKR tahun ini mengajak seluruh kalangan seperti Pemerintah Desa, Karang Taruna, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, rekan alumni yang tergabung dalam IKAPMI Yogyakarta dan instansi lainnya. Kerjasama itu sebagai wujud komitmen dan integritas dalam menjaga kebudayaan dan kesenian lokal yang ada di Indramayu.

Pidri – Ketua Sanggar Seni Kerikil periode 2016/2017

Comments