Fokus dan Tekun Adalah Kuncinya

Kemarin saya pergi ke Gramedia Bintaro sendirian. Biasa cari inspirasi. Lantas gak sengaja mataku menuju sebuah buku berjudul The Internet Millionaire karangan Andry Salim.

Tanpa basa-basi, sayapun langsung mengambilnya. Lantas kubaca sambil berdiri. Ukuran bukunya memang kecil dan tidak terlalu tebal. Karenanya saya bisa membaca singkat kurang lebih selama dua jam. Awalnya saya mau beli, namun berhubung membacanya hampir selesai, maka kuurungkan niatku untuk membelinya. Lagipula, saya sudah bisa mengambil pesan penting yang disampaikan penulis itu.

Yang menarik adalah pada bab dua The Success Mindset, mengenai mengapa banyak orang gagal dalam bisnis online? Andry Salim mengatakan bahwa ada dua mengapa hal tersebut bisa terjadi, yakni tidak fokus dan tekun. Banyak orang yang terjun dibisnis online terlalu fokus ke hal yang teknis. Mempelajari dan memperdalam ilmu teknis memang penting, akan tetapi lebih penting lagi membangun mental atau mindset untuk sukses. Itu yang harus digelorakan dalam pikiran kita.

Tekun 
Sama dengan bisnis offline lainnya, berbisnis online juga perlu ketekunan. Kemalasan adalah jalan menuju kegagalan. Tekunilah bisnis online anda sesuai dengan possion anda. Dengan berjalannya waktu, maka lambat laun akan terbuka lebar jalan kesuksesan yang anda cita-citakan.

Fokus
Fokuslah, jangan sekali-kali setengah-setangah menjalaninya. Berbisnis online itu perlu waktu dan proses. Sebagai contoh jika kita seorang blogger, maka tetaplah konsisten untuk mempostingnya minimal satu hari satu artikel. Bersabarlah, jangan pernah terbesit untuk memikirkan bisnis lainya. Sebelum berhasil tetaplah pada satu jalur karena ini yang akan membuat anda mengantarkan pada kesuksesan.

Diversifikasi bisnis boleh saja, asalkan bisnis yang sedang dijalani sekarang benar-benar talah berhasil. Banyak orang mengapa tidak berhasil dalam menjalankan bisnis onlinenya? Karena bisnis yang sedang berjalan masih dalam proses tiba-tiba sudah tergiur lagi dengan bisnis lain. Pendek kata meraka tidak fokus. Kiat-kiat khusus keberhasilan orang lain belum tentu akan berhasil jika persis kita jalankan seperti orang yang berhasil tersebut. Oleh karena itu jika fokus anda akan menemukan jalan sendiri yang tidak disangka-sangka. Ide dan kreatifitaspun akan terpancing dengan sendirinya.

Dengan fokus, maka dapat mengantarkan kita pada ide dan gagasan yang lebih brilian. Penulis buku tersebutpun bisa berhasil setelah fokus selama 11 tahun menggeluti dunia internet marketer.
Fokus dan Tekun Adalah Kuncinya

Bagaimana teman-teman KBXC? semoga bisa terus fokus dan tekun menjalani bisnis onlinenya. Tentunya tidak selama penulis buku diatas. Paling tidak maksimal 5 tahunlah.(he..2).

Salam wirausaha mandiri

Comments

Alhamdulillah,..setelah sekitar berapa tahun ya ane kenal sama Bang Murad dan Reuni sama Ustad Syukron, perjalanan ane dari ngeblog mulai menuai hasil.

Sungguh luar biasa sharing pengetahuan yang beliau ajarkan, dan tidak bosannya membimbing sayayang memang gaptek banget.

Saya tidak tahu harus berterimakasih dengan cara apa, tp saya yakin ilmu beliau yang sudah dibagikan ini biarlah Allah yg membalasnya dengan anugrah, berkah dan kesehatan serta rizki yang melimpah dunia akhirat.